Sekda Sebut KPU dan Bawaslu Sudah Ajukan Anggaran Pilgub

PALANGKA RAYA,  KaltengEkspres.com – Menjelang tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (pilgub) tahun 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalteng telah mengajukan masing-masing anggaran kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

Hal ini diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri kepada awak media, Senin (24/6/2019).  Menurut  Sekda, KPU Provinsi Kalteng sudah mengusulkan anggarannya sebesar Rp. 356 miliar dan Bawaslu Rp122 Miliar.

“Usulan anggaran ini sedang di godok di internal pemerintah provinsi untuk menghitung berapa yang dibutuhkan,” ungkap Sekda  usai pembukan  Seminar Umum “Mengelola Informasi Media Sosial” (Ciptakan Masyarakat Cerdas Memilih Informasi) yang digagas oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Provinsi Kalteng di Hotel Luwansa,  Sabtu (22/6/2019).

Lebih lanjut dijelaskannya, babhwa usulan anggaran dari KPU maupun Bawaslu teresebut akan dievaluasi seberapa jauh, apakah semua kebutuhan masuk atau kelebihan. Hal itu yang akan digodok lagi. Oleh sebab itu, baik KPU maupun Bawaslu akan diundang untuk merivew kembali usulan tersebut.

Pihaknya juga akan mengundang Polri dan TNI agar pelaksanaan pesta demokrasi Pilgub Kalteng nantinya berjalan aman dan lancar.  Karena belajar dari pengalaman Pileg dan Pilpres beberapa waktu lalu, kata dia, sudah berjalan dengan baik, aman dan lancar. Ini berkat kerjasama semua pihak,  baik pemerintah,  Polri dan TNI serta masyarakat.

“Hanya saja yang perlu diperhatikan dan dijaga adalah bagaimana kita bijaksana menggunakan media sosial, karena biasanya ada saja postingan atau cuitan yang bersifat hoax dan ujaran kebencian. Nah ini yang harus diwaspadai oleh semua pihak agar bijaksana menggunakan media sosial, sharing dulu informasi yang diterima,  jangan asal sembarangan sharing,”tutur Fahrizal Fitri.  (ed/adv)