Puluhan Rumah dan Puskesmas Masih Direndam Banjir

SAMPIT, KaltengEkspres.com- Banjir yang melanda tujuh desa di Kecamatan Bukit Santuai Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) belum juga surut.  Kondisi debit air akibat luapan air sungai masih tetap menggenangi sejumlah rumah warga.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Tim Posko Penanggulangan Bencana PMI Kotim, tercatat ketinggian air rata-rata, untuk Desa Tewaihara, Desa Tumbang Gtas, Desa Tumbang Sepia, setinggi ±20-30 cm. Demikian juga untuk Desa  Tumbang Torung dan Desa Lunuk  Bagantung, Desa Tumbang Batu dan Desa Tumbang Penyahuan.

“Rata-rata ketingian airnya masih mencapai 20-30 cm. Tim saat ini masih di lapangan memantau perkembangan ketinggian disamping itu juga mengevakuasi para korban yang rumahnya tak bisa didiami lagi akibat direndam banjir,”kata salah seorang petugas PMI Kotim kepada Kalteng Ekspres.com Kamis (20/6/2019).

Ia menjelaskan, bahwa banjir di kecamatan setempat tak hanya merendam rumah warga melainkan fasilitas kesehatan seperti bangunan Puskesmas.  Disamping itu juga rumah dinas petugas kesehatan tersebut.

“Tercatat ada  6 rumah dinas petugas kesehatan direndam air.  Kita berharap, dalam beberapa hari ini kondisi air bisa surut, sehingga warga bisa beraktivitas seperti biasanya,”tandasnya. (ko/hm)