Pemprov Kalteng Bakal Launching Galeri Pusat Kerajinan dan Oleh-oleh

Kepala Disperindag Kalteng, Aster Bonawaty didampingi Kepala Seksi Ekspor Impor, Said Zainudin saat memberikan keterangan kepada awak media di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Dalam waktu dekat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng melalui Dinas Perindustrian dan Pergadangan (Disperindag) Kalteng akan melaunching galeri pusat kerajinan dan oleh-oleh khas Kalteng.

“Galeri tersebut dipusatkan di Jalan Imam Bonjol Palangka Raya, tepatnya dekat Pizza Hut,” ungkap Kepala Disperindag Kalteng, Aster Bonawaty didampingi Kepala Seksi Ekspor Impor, Said Zainudin kepada awak media di ruang kerjanya, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, galeri pusat kerajinan dan oleh-oleh ini merupakan inisiatif dari Ketua Dekranasda Provinsi Kalteng, Ivo Sugianto Sabran yang merupakan satu program jangka pendek Dekranasda Provinsi Kalteng. Tujuannya, untuk memberikan wadah bagi para perajin dan UMKM se Kalimantan Tengah dan memfasilitasi promosi produk unggulan produk unggulan kepada masyarakat luas.

Disamping itu juga, berfungsi sebagai pusat pembinaan kepada para pelaku kerajinan tangan terhadap desain, mutu produk dan pemasaran.

“Galeri ini juga diharapkan dapat memenuhi dan memudahkan keinginan para tamu yang datang dari luar Provinsi Kalteng untuk mencari souvenir dan oleh-oleh khas Kalteng,” ujarnya.

Selain galeri, lanjut dia, juga ada fasilitas Kantor  Dekranasda, Caffe, Mushola, dan Counter Penjualan oleh-oleh. Termasuk berfungsi sebagai tempat Meeting, showbis, live musik serta event-event yang bersifat Entertainment untuk keperluan masyarakat luas.

Diharapkan dukungan kepada seluruh Ketua Dekranasda se Kalteng dapat dapat berkontribusi menyiapkan produk-produk unggulan kerajinan daerahnya untuk dipromosikan di galeri tersebut. Mengingat galeri ini didukung penuh oleh Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.  (ed/adv)