Palangka Raya Harus Miliki Wisata Edukasi

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Rusdiansyah.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –  Kota Palangka Raya memang memiliki cukup banyak objek wisata unggulan, namun cukup disayangkan Palangka Raya yang dijuluki ‘Kota Cantik’ ini belum memiliki objek wisata edukasi yang banyak memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Oleh sebab itu, Sekretaris Komisi C DPRD Palangka Raya, Rusdiansyah mendorong Pemerintah Kota setempat untuk mengembangkan wisata yang berorientasi pada edukasi.

“Sejauh ini upaya pengembangan potensi wisata edukasi memang belum terlihat, kedepan hal tersebut perlu dilakukan sebagai sasaran wisata yang baru,” ungkapnya, Senin (17/6/2019).

Uwah sapaan akrab Rusdiansyah, mengatakan, saat ini Kota Palangka Raya memang memiliki cukup banyak objek wisata unggulan khas Kota Cantik. Namun untuk wisata yang memliki nilai tambah edukasi harus bisa dikembangkan, terutama manfaatnya bagi generasi muda.

Menurutnya, perlu dikembangkan wisata yang berimplikasi pendidikan. Contohnya, ada tempat wisata yang dapat dijadikan anjangkarya atau anjangsana, yakni suatu tempat kegiatan atau perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan yang memiliki fungsi edukasi di dalamnya.

Selain itu, kawasan perkebunan, tempat penangkaran hewan maupun pusat-pusat penelitian juga bisa dikembangkan sebagai wisata edukasi.

“Nah,  disinilah tujuan wisata edukasi yang memiliki nilai tambah sebagai sebuah area wisata,”ujarnya.

Palangka Raya itu sendiri lanjut,  Uwah sebenarnya memiliki potensi besar dalam mengembangkan wisata edukasi.

“Pemko Palangka Raya ada memiliki kawasan agrowisata, tempat penangkaran hewan, dan kawasan wisata alam. Nah, disana bisa dikembangkan sebagai bagian dari wisata edukasi,” imbuhnya lagi.

Bagi politikus PKB menjelaskan, bahwa upaya menumbuhkan potensi wisata, khususnya wisata edukasi sangatlah penting. Namun demikian memerlukan sentuhan tangan dari banyak pihak termaauk peran masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan.

“Kita berharap upaya pengembangan wisata di Palangka Raya harus berkesinambungan. Pemerintah daerah kita dorong lebih jeli melihat potensi yang ada,”tandas Rusdiansyah. (ed)