Gubernur Buka Festival Budaya Isen Mulang Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalteng Sugianto Sabran membuka secara resmi Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Kalteng 2019, yang digelar di kawasan Taman Budaya Kota Palangka Raya, Senin (17/6/2019) malam. Kegiatan ini dihadiri oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan SOPD Pemprov Kalteng serta sejumlah pejabat dari kabupaten/kota se-Kalteng.

Gubernur mengatakan, industri pariwisata dengan budaya dan kearifan lokal ini merupakan kekuatan ekonomi Kalteng. Seperti wisata Taman Nasional Tanjung Puting dan Taman Nasional Sebangau, disamping itu diperkuat dengan event festival budaya dan lain sebagainya.

Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bekerjasama dengan kabupaten/kota terus berbenah dalam pengembangan pariwisata.

“Khususnya di pintu masuk bandara yang ada di Kalteng, harus disuguhkan tarian daerah dan budaya Dayak Kalteng. Hal ini untuk mempekenalkan budaya daerah kita,” kata Sugianto saat menyampaikan sambutannya.

Sugianto juga mengajak seluruh aparatur pemerintahannya dan masyarakat untuk memperkuat sektor pariwisata, adat dan budaya serta kearifan lokal. Pemprov Kalteng akan mendukung melalui anggaran.

Disisi lain, Gubernur juga memberi apresiasi dan semangat kepada para pegiat seni tari yang pentas di atas panggung dengan memberikan uang pembinaan sebesar Rp.15 juta per sanggar tari.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Guntur Talajan sekaligus Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah
pelestarian, pengembangan, inovasi, kreativitas bidang kebudayaan, kesenin, kearifan lokal, kuliner Dayak Kalimantan Tengah sehingga terprogram, terarah, terukur, kontinyu dan universal.

Selain itu diharapkan, pengunjung, penonton, wisatawan yang datang ke Palangka Raya Kalimantan Tengah, sehingga pendapatan asli daerah terus meningkat. (ed/adv)