Dishub Mura Cek Kelaikan Kendaraan Arus Mudik

Petugas Dishub Mura saat memeriksa kelaikan kendaraan Minggu (2/6/2019).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Untuk menjaga keselamatan para pemudik, petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Murung Raya (Mura) melakukan pengecekan terhadap kondisi angkutan lebaran, baik darat maupun air.

Dari hasil pemeriksaan dan pengawasan terhadap sejumlah angkutan baik travel, bus, speed boat, dan perahu motor dinyatakan laik jalan.

“Kami sudah melakukan ramp check kesiapan dan kelayakan angkutan mudik Lebaran dan hasilnya seluruh angkutan di Murung Raya layak jalan. Kegiatan ini akan terus dilakukan terhadap seluruh angkutan mudik hingga lebaran nanti,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Mura Tony kepada awak media Minggu (2/6/2019).

Selain memeriksa kondisi fisik angkutan lanjut dia, petugas Dishub juga meminta seluruh sopir bus maupun travel tidak ugal-ugalan di jalan serta tidak mengosumsi minuman keras dan obat terlarang.

“Dishub Mura akan menindak tegas bagi perusahaan otobus (PO) yang tidak memperhatikan kondisi sopir ketika ingin berangkat mengantar penumpang. Seperti dalam pengaruh miras dan obat terlarang,” tegasnya.

Ia menjelaskan, bahwa aspek keselamatan menjadi prioritas utama bagi Dishub. Karenanya, Dishub juga mengimbau semua pemudik supaya mematuhi aturan berlalu lintas dan beristirahat sejenak ketika para pengemudi merasa mengantuk. (ari)