Dewan Harapkan Pemerataan Sistem Zonasi PPDB

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Pelaksanaan Registrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi secara nasional, termasuk di Kota Palangka Raya mendapat dukungan dari anggota DPRD Kota Palangka Raya. Pasalnya, sistem zonasi dalam PPDB ini dianggap memberikan kemudahan  bagi para peserta didik untuk bisa masuk ke salah satu sekolah yang mudah dijangkau.

Sekretaris Komisi C DPRD Palangka Raya Subandi mengatakan, pelaksanaan sistem zonasi dalam PPDB, selain  merupakan untuk memberikan kemudahan dan kesempatan yang sama bagi peserta didik, disisi lain zonasi merupakan wujud nyata upaya pemerataan kualitas pendidikan.

“Artinya, tidak ada lagi perbedaan, baik sekolah pavorit atau tidak pavorit. Juga tidak ada perbedaan pendidikan dalam kota ataupun pinggiran. Sebab, semuanya mengacu zonasi,” ucapnya, Kamis (27/6/2019).

Subandi menjelaskan, implementasi dari penerapan zonasi ini, tentu tidak semerta-merta langsung terlihat adanya pemerataan pendidikan. Namun dengan sistem itu  akan terlihat pada tujuan akhirnya kelak, yakni  adanya pemerataan kualitas pendidikan.

“Pemerintah pusat melalui  Kementerian Pendidikan, tentu sudah mengkaji hal ini. Makanya sistem zonasi ini diterapkan untuk dilaksanakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Politikus Golkar ini menambahkan,  bahwa penerapan sistem zonasi  tersebut harus dilaksanakan secara berkelanjutan. Karena dalam penerapannya akan selalu ada berbagai faktor kendala  dan permasalahan yang ditimbulkan.

“Terutama pengetahunan masyarakat akan tujuan akhir dari sistem zonasi harus menyeluruh  dipahami,”urainya.

Selain itu, pemerintah daerah memiliki tugas penting terutama bagimana menunjang  sistem zonasi mampu berjalan sesuai harapan, yakni adanya pemerataan kualitas pendidikan.Sumber daya manusia, dalam hal ini tenaga pendidik , termasuk sarana dan prasarana (sarpras) setiap tahunnya harus ada penin gkatan di semua sekolah, tukasnya.

Pada kesempatan itu ia mendorong  Pemko Palangka Raya, terutama melalui Dinas Pendidikan setempat untuk terus bersinergi  dalam upaya menuntaskan berbagai permasalahan yang berkenaan  dengan  upaya pemerataan pendidikan.

Baca Juga :  Pembahasan Tatib DPRD Kota Palangka Raya Rampung

“Upaya meningkatkan kualitas pendidikan tidak hanya beertumpu pada satu anggaran pemerintah daerah  saja, namun diperlukan sinergi  bersama  antar pemerintah guna peningkatan kualitas pendidikan,” tandasnya. (ed)