Home / DPRD Kota

Selasa, 18 Juni 2019 - 19:34 WIB

Dewan Dorong Pemko Jalankan Enam Fungsi APBD

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukarramah.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukarramah.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukaramah mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya agar dapat menjalankan enam fungsi anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) dengan baik. Adapun enam fungsi tersebut yakni,  fungsi otorisasi, perencanaan pengawasan, alokasi, distribusi dan fungsi stabilitasisasi.

Dijelaskan Mukaramah, bahwa dengan menjalankan fungsi-fungsi tersebut, maka pengelolaan APBD sebagai acuan pembentukan peraturan daerah (perda) dapat diakomodir dengan baik. Menurutnya, pertanggungjawaban atas pengelolaan APBD sebelumnya, sangat berpengaruh pada pembentukan perda yang memungkinkan untuk disetujui dan disahkan bersama.

Baca Juga :  Dewan Terima Nota Keuangan dan APBD Perubahan 2018

“Pokok utama fungsi APBD yang dijalankan dengan baik, akan sangat berimbas pada pertanggungjawaban yang nantinya juga berafiliasi pada pembentukan peraturan kedepan. Oleh sebab itu, komisi C menyoroti akan pelaksanaan yang disesuaikan dengan asas-asasnya,” kata Mukaramah, Selasa (18/6/2019).

Ia menyebutkan, pengelolaan keuangan serta aset daerah yang akuntabilitas dan transparan merupakan tanggung jawab bersama. Lembaga eksekutif maupun legislatif sebagai pihak yang mengawasi segala bentuk pelaksanaan oleh eksekutif harus saling bersinergi untuk mewujudkan penggunaan uang rakyat yang bertanggung jawab.

Baca Juga :  Atasi Banjir, Dewan Usul Perbaikan Drainase

“Sinergi yang harus dijaga untuk melaksanakan semuanya ini harus kita sadari bersama. Tidak hanya menyampaikan kritikan atas eksekutif, namun juga duduk bersama saling bertukar pikiran supaya tercapai solusi yang memuaskan,” ucapnya. (jkn)

Share :

Baca Juga

DPRD Kota

Ketua DPRD Kota Apresiasi Pergelaran Harmoni Indonesia

DPRD Kota

Legislator Kota Sarankan Pusat Hibahkan Aset Tak Terawat

DPRD Kota

Dewan Sarankan Prioritas Pembangunan di Kawasan Mendesak

DPRD Kota

Dewan Minta Pembangunan Dilakukan Secara Merata

DPRD Kota

Pelaku Usaha Diminta Manfaatkan Media Sosial

DPRD Kota

Fraksi PAN-Demokrat Dukung Program One Year-One Innovation

DPRD Kota

Masyarakat Menteng Minta Percepatan Penanganan Covid-19 dan Perbaikan Ruas Jalan

DPRD Kota

Pemkot Diminta Bantu Pasarkan Hasil Panen Masyarakat
error: Content is protected !!