Dewan Dorong Dilakukannya Pendataan Penduduk

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Anggota DPRD Kotawaringin Barat Mustafa Basir mendorong pihak terkait agar melakukan pendataan penduduk yang baik dan tertata. Hal ini karena dinilai berguna untuk banyak kepentingan.

“Pendataan penduduk ini perlu, tujuannya untuk mempermudah data kependudukan, pemantauan, serta termonitornya aktivitas warga di suatu lingkungan setempat, agar mudah terpantau oleh RT/RW,” kata Mustafa Basir Selasa (18/6/2019).

Basir menilai, banyak hal yang akan didapat, manakala dilakukan pendataan terhadap warga-warga pendatang ketika ingin berdomisili di suatu lingkungan.

“Contoh di lingkangan saya sendiri ada warga pendatang yang sering lewat depan rumah sayapun tidak mengenalnya. Seharusnya masyarakat sekitar lingkungan setidaknya akan mengetahui status kependudukan, tempat tinggal ataupun pekerjaaan yang dilakoni setiap orangnya, dan ini wajib diketahui RT setempat, demi menjaga sesuatu yang tidak di inginkan,”ujar Basir.

Menurut Basir, mengawasi lingkungan masyarakat, tidak hanya tugas pemerintahan semata. Namun, lebih pada kewaspadaan dan pengawasan bersama seluruh elemen.

“Pengawasan lingkungan bukan hanya tugas camat, lurah ataupun RT/RW. Semua masyarakat juga harus peka dan waspada terhadap hal-hal yang bisa mengganggu ketertiban lingkungan,” tandasnya. (yus)