Cegah Laka Air, Polisi Tes Urine Belasan Motoris dan Nahkoda

Anggota gabungan saat mengambil sampel urin motoris dan nahkoba kapal Sabtu (1/6).

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Guna mencegah terjadinya kecelakaan perairan (laka air) di wilayah hukum Polres Barito Selatan (Barsel), Anggota Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Barsel menggelar tes urine kepada belasan motoris spedboat, kelotok, dan nahkoda kapal serta tugboat Sabtu (1/6/2019) sekitar pukul 07.00-12.00 WIB.

“Dalam giat tes urine ini, kita mengambil sampel urine sebanyak 13 orang motoris / nahkoda kapal.  Hasil tes urine tidak ada yang positif menggunakan Narkoba atau obat2 berbahaya lainnya,” kata Kapolres Barsel AKBP Wahid Kurniawan SIK melalui Kasat Narkoba Iptu Sanip SH kepada Kalteng Ekspres.com, Sabtu (1/6/2019).

Sanip menjelaskan, giat tersebut dilaksanakan karena kecelakaan lalu lintas di perairan bisa terjadi kapan saja dan salah satunya dari faktor manusianya.

“Salah satu  penyebab yang sering menimbulkan kecelakaan adalah kelalaian, sehingga dengan melakukan tes urine kepada pengemudi ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya,” ujar Sanib.

Dalam giat tersebut lanjut dia, melibatkan sebanyak 16 orang personel, terdiri-dari 9 personel Satresnarkoba, 2 personel dinas kesehatan, 3 personel Satbhara, 2 personel Satpol PP Barsel. “Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi sehingga kegiatan bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (rif)