Bupati Minta Kebun Raya Katingan Dipelihara

Bupati Katingan Sakariyas

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Katingan Sakariyas meminta agar Kebun Raya Katingan dikelola dan dijaga dengan baik. Hal ini disampaikan Sakariyas saat meninjau kebun tersebut belum lama ini.

Sakariyas mengatakan, Kebun Raya Katingan telah diresmikan sejak tahun 2016 lalu dan merupakan areal penyelamatan keanekaragaman hayati di Katingan. Untuk itu lanjut dia, keberadaan Kebun Raya Katingan harus dijaga, terutama dari bahaya kebakaran hutan dan lahan saat musim kemarau.

“Selama ini telah ada banyak jenis buah-buahan khas Kalimantan atau Borneo yang ada di dalam areal Kebun Raya Katingan itu. Karena kebun ini memiliki luas areal 127 hektare, dan sebagian di antaranya telah dikelola, termasuk sudah ditanami berbagai jenis tanaman terutama buah-buahan,”ungkapnya kepada awak media.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo mengatakan, selain sebagai tempat wisata, Kebun Raya Katingan ini juga sebagai tempat penelitian dan pendidikan bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin mengetahui jenis atau tumbuhan.

“Kita telah menggelola dan menjaga kebun ini. Karena taman ini salah satu aset daerah yang dipelihara,”tandasnya. (aj/hm)