Arus Balik, Dewan Harapkan Keselamatan Penumpang Diprioritaskan

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Wakil Ketua II DPRD Kobar Mulyadin mengharapkan kepada pihak terkait baik dari penyedia jasa layanan angkutan umum laut dan darat agar lebih memprioritaskan keselamatan penumpang arus balik lebaran.

“Kami mengapresiasi kepada petugas terkait yang telah sukses melaksanakan kegiatan arus mudik lebaran melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai. Hal ini karena semua pemudik terangkut hingga ke pelabuhan tujuan,”ungkap Mulyadin kepada Kalteng Ekspres.com Minggu (9/6/2019).

Menurutnya, pelayanan  dan pengaman arus  mudik tahun ini di Kobar diselenggarakan dengan baik. Terbukti dengan jumlah penumpang arus mudik mencapai puluhan ribu lebih, tidak menemukan kendala baik armada maupun harga tiket, karena jauh hari antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar  dan petugas pelabuhan serta intansi terkait lainnya telah mempersiapkan semuanya dengan baik.

“Kegiatan arus mudik setiap tahunnya mengalami perubahan yang baik, terutama fasilitas pelabuhan kita saat ini, sangat baik sehingga penumpang merasa nyaman,”ujarnya.

Kendati demikian, ia berharap keberhasilan kegiatan arus mudik dapat dilakukan pada kegiatan arus balik lebaran, dimana penyelenggaraan di pelabuhan setempat tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan bagi penumpang.

“Intinya prioritaskan keselamatan penumpang. Jangan mengangkut  melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Karena dari Kementerian Perhubungan sudah jelas mengintruksikan agar armada yang membawa penumpang jangan melebihi kapasitas dan penumpang kapal harus sesuai manivest, hal itu demi kenyamanan dan keselamatan penumpang,” tandasnya. (yus)