Tekan Inflasi, Dewan Kota Dorong Pengawasan Komoditas Sembako

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung saat memberikan keterangan kepada awak media.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie A Lambung, mendorong dilakukannya pengawasan terhadap sejumlah komoditas bahan pokok di Kota Palangka Raya. Pasalnya, belakangan terakhir harga sembako yang dijual di pasaran kian melonjak tajam. Hal ini dikhawatirkan memicu tingginya inflasi.

“Terjadinya lonjakan harga ini harus diwaspadai, terutama oleh Pemko Palangka Raya. Sejumlah upaya harus dilakukan, terutama dengan cara menekan harga bahan pokok yang tinggi di pasaran,”kata Nanie Rabu (29/5).

Upaya tersebut lanjut dia, dapat dilakukan oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) guna mencari pola pencegahan sedini mungkin. Sehingga harga kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran Idul Fitri tak mengalami kenaikan begitu tinggi.

“Saya mendukung adanya kebijakan untuk menekan harga melalui kegiatan operasi pasar. Karena itu cukup efektif membantu masyarakat dalam membeli kebutuhan pokok dengan harga murah. Selain operasi pasar, diperlukan juga pengawasan tadi agar harga tak melonjak tajam. Intinya dua hal itu merupakan pola efektif dari pemerintah untuk dapat menekan lajunya inflasi,” tandasnya. (jkn)