Tahun Ini, 190 Unit Rumah di Katingan Bakal Terima BSPS

Bupati Katingan Sakariyas saat membacakan sambutannya pada kegiatan sosialisasi BSPS di Aula Bappelitbang Katingan Rabu (22/5/2019).

KASONGAN, KaltengEkspres.com – Sedikitnya 190 rumah di Kabupaten Katingan tahun ini bakal menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian PUPR RI. Bantuan tersebut akan disalurkan melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Provinsi Kalteng.

Bantuan tersebut bertujuan untuk mendorong atau menggerakan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), guna membangun ataupun memperbaiki rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni.

Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, program BSPS sangat membantu masyarakat di Katingan untuk meningkatkan kualitas rumah, sehingga rumah tidak layak huni secara bertahap bisa berkurang.

Adapun bantuan untuk Kabupaten Katingan, dari surat Direktur Jendral Penyedia Perumahan, dialokasi jumlah unit BSPS tahun 2019 ini sebanyak 190 unit dan tersebar di sembilan desa di tiga kecamatan.

“Sebanyak 190 unit, untuk sembilan desa di tiga kecamatan yaitu, kecamatan katingan kuala 60 unit, kecamatan sanamana mantikei 20 unit dan tewang sanggalang garing  110 unit,” ungkap Sakariyas saat menyampaikan sambutannya di kegiatan sosialisasi BSPS tingkat Kabupaten Katingan di aula Bappelitbang, Rabu (22/5/2019).

Ia menjelaskan, BSPS ini diberikan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) 2019, berupa Peningkatan Kualitas (PK) dengan kategori rusak berat.

Pada kesempatan itu, ia berharap agar tahun-tahun yang akan datang program penyediaan perumahan berupa peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di Katingan terus berlanjut baik itu dari dana APBN, APBD ataupun DAK. (ejk)