Puluhan Napi Menangis, Saat Mencuci Kaki Ibunya

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com Puluhan narapidana (napi) Lapas Klas IIB Pangkalan Bun tiba-tiba menangis histeris Kamis (2/5/2019). Peristiwa unik ini terjadi saat puluhan napi setempat mencuci kaki ibunya dalam rangka menyambut bulan suci ramadan 2019.

“Kegiatan ini digelar untuk para napi yang ingin meminta maaf atau sungkem kepada kedua orangtua. Karena mungkin ada kesalahan selama ini. Harapan kami ke depan mereka bisa menjadi orang yang lebih baik lagi, dan bisa menjadi manusia yang patuh kepada orang tua dan taat pada agamanya,” kata Kalapan Klas IIB Pangkalan Bun, Kusnan kepada awak media Kamis (2/5).

Menurut Kusnan, seluruh napi yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 orang. Mereka menangis saat mencuci kaki orangtuanya masing masing.

“Ya mungkin mereka tersadar setelah menjadi orang pesakitan di sini. Dan mungkin ada kesalahan kepada orangtua, ini menunjukkan ikatan batin orang tua dan anak bisa terus berjalan” ujarnya.

Sementara itu salah seorang napi berinisial AM mengatakan, ia menangis karena menganggap ibu adalah segala-galanya baginya. Meski dirinya mendekam di penjara, ibunya yang sudah renta tetap mendukungnya.

“Saya terharu, buat saya ibu adalah segalanya, beliau masih mau datang disaat saya membutuhkanya,”ungkapnya. (yus)