Pemprov Kalteng Berhasil Tekan Angka Gizi Buruk

Sejumlah Kepala SOPD Kalteng dan awak media, saat mengikuti FGD di Aula Bappedalitbang, Selasa (21/5/2019).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Tiga tahun masa kepemimpinan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Ismail berhasil menekan angka gizi buruk.

Bahkan, dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng, angka gizi buruk selama masa kepemimpinan pasangan yang disebut Sohib ini, dapat ditekan menjadi 5,5 persen.

“Jika dibandingkan dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementrian Kesehatan di tahun yang sama menunjukkan masih ada 17,7 persen balita yang mengalami masalah gizi,” kata Kepala Dinkes Provinsi Kalteng dr Suyuti Syamsul, dalam kegiatan Focus Group Discussion (FDG) Publikasi Media di Ruang Rapat Bappedalitbang, Selasa (21/5/2019).

Ia menjelaskan, penurunan angka gizi buruk dalam 3 tahun terakhir sangat tinggi. Sesuai data pada tahun 2016 permasalahan gizi buruk di Bumi Tambun Bungai berada di angka 24,7 persen.

Sedangkan, ditahun 2017 angka gizi buruk mampu ditekan hingga mengalami penurunan sebesar 1,1 persen dan tahun ini angka gizi buruk sebesar 23,6 persen.

“Kalau kita lihat penurunan sangat signifikan terjadi ditahun 2018 karena menjadi 5,5 persen, sehingga ditahun itu penurunan berhasil ditekan sampai 18,1 persen,” ujarnya. (rd/adv)