Pemkab Barsel dan Kemenhub Jalin Kerjasama Perpanjang Run Way Bandara Sanggu

Bupati Barsel Edy Raya dan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Bramesti saat melakukan penandatanganan kerjasama di Kantor Dirjen setempat Selasa (28/5).

JAKARTA, KaltengEkspres.com –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Dirjen Perhubungan Udara sepakat memperpanjang pembangunan run way Bandara Sanggu.

Kesepakatan pembangunan ini, ditandai dengan diadakannya penandatangan kerjasama antara Bupati Barsel Edy Raya, dengan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Bramesti, di Kantor Dirjen Perhubungan Udara Jakarta, Selasa (28/5/2019).

Bupati mengatakan, kesepakatan kerjasama perpanjangan run way Bandara Sanggu ini ditetapkan sepanjang 100 meter, yakni dari sepanjang 750 menjadi 850 meter. Disamping itu juga dilakukan pelebaran luasan, dari asalnya selebar 23 meter menjadi 30 meter.

“Untuk biaya pembangunan itu dianggarkan dari APBD dan APBN Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, sebesar Rp 15 miliar. Rencananya, pembangunan ini berkelanjutan hingga tahun 2020 mendatang, dengan total keseluruhan yang ditargetkan 1.450 meter,”ungkap Edy Raya kepada Kalteng Ekspres.com Selasa (28/5).

Edy menjelaskan, dengan diperpanjang dan diperluasnya run way Bandara Sanggu tersebut, maka jenis pesawat yang bisa masuk nantinya yakni ATR 72 dan Herkules. Masuknya jenis pesawat tersebut diharapkannya bisa berdampak memacu laju pertumbuhan transportasi udara di Barsel. (as/hm)