Home / Kobar

Sabtu, 18 Mei 2019 - 08:40 WIB

Mulai Hari Ini, Seluruh Maskapai Harus Menurunkan Harga Tiket Pesawat

Penumpang pesawat saat mengantre mengambil barang yang diturunkan dari bagasi di Bandara Iskandar Sabtu (18/5).

Penumpang pesawat saat mengantre mengambil barang yang diturunkan dari bagasi di Bandara Iskandar Sabtu (18/5).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Bandara Iskandar Pangkalan Bun menyebut, seluruh maskapai yang beroperasi di wilayah Pangkalan Bun mulai Rabu (15/5/2019) atau paling lambat Sabtu (18/5/2019), harus menurunkan harga tiket kelas ekonomi.

Hal ini seiring dengan adanya surat keputusan atas perubahan tarif kelas ekonomi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang menegaskan kepada maskapai penerbangan nasional untuk menurunkan harga tiket pesawatnya paling lambat 18 Mei 2019.

“Apabila tak mengindahkan hal tersebut, maskapai diberikan surat peringatan dan bahkan bisa saja dicabut izin operasinya oleh Kemenhub RI,” kata Kepala Bandara Iskandar Pangkalan Bun Zuber saat ditemui di ruang kerjanya Sabtu (18/5/2019).

Pihaknya lanjut dia, mempunya ketentuan Peraturan Menteri (PM) No 78 tahun 2017 tentang pengenaan sanksi administrasi terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan di bidang penerbangan. Dimana ada peringatan, pembekuan, pencabutan dan denda. Bahkan surat pemberitahuan dari kementerian sudah turun per Rabu (15/5/2019) kemarin,” ujar Zuber.

Baca Juga :  Berkas P21, Tersangka Baru Korupsi PD Agrotama Mandiri Bakal Ditahan

Zuber menjelaskan, sejauh ini tidak pernah ada maskapai yang melanggar ketentuan tarif batas atas dan tarif batas bawah yang telah ditentukan pemerintah. Atas dasar itu, dia optimis kali ini para maskapai juga akan menaatinya.

“Jadi, tiap pemberlakukan KM (Keputusan Menteri), tidak ada maskapai yang melanggar tarif batas atas dan tarif batas bawah,” kata Zuber

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan melakukan perubahan terhadap Keputusan Menteri Nomor 72 TAHUN 2019 tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Baca Juga :  Jual 30 Botol Miras, Warga Pangkut Diringkus Polisi

Perubahan keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan No 106 Tahun 2019 tentang Tarif Batas Atas Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri yang ditandatangani pada Rabu , 15 Mei 2019.

Dengan adanya peraturan tersebut, maskapai penerbangan nasional wajib menurunkan tarif batas atasnya sebanyak 12 hingga 16 persen. Penurunan itu harus dilakukan paling lambat pada Sabtu 18 Mei 2019.

“Jika masyarakat masih menemukan maskapai di Kobar yang belum menurunkan, silakan laporkan,” tandasnya. (yus)

Share :

Baca Juga

Kobar

Tertindih Pupuk, Buruh Pelabuhan Kumai Nyaris Tewas

Kobar

Geger, Warga Desa Runtu Temukan Tengkorak Manusia 

Kobar

Polres Kobar Distribusikan Bantuan Sosial Serentak

DPRD Provinsi Kalteng

Pantau Penanganan Covid-19, Tiga Anggota DPRD Kalteng Reses ke Kobar

Kobar

Kian Meresahkan, Gepeng dan Anak Punk Bakal Ditertibkan

Kobar

Letkol Infantri Muhammad Roni Sulaiman Jabat Dandim 1014 Pangkalan Bun

Kobar

Puluhan Spanduk Ditertibkan Satpol PP Kobar

Kobar

Bolos Sekolah di Warnet, 14 Pelajar Diciduk Satpol PP Kobar
error: Content is protected !!