Korban Keracunan Kuala Kapuas Capai 254 Orang

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – Korban keracunan di Desa Narahan, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, terus berjatuhan. Hingga tiga hari terakhir tercatat sudah mencapai 254 orang yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Soemarno Sostroatmodjo, Kuala Kapuas.

Jumlah korban tersebut meningkatkan dari Jumat (24/5) malam sebelumnya yang hanya sekitar 155 orang dirawat di rumah sakit setempat.

“Peristiwa keracunan ini masuk katagori Kejadian Luar Biasa (KLB). Karena jumlah penderitanya sudah mencapai 254 orang, terdiri dari anak-anak sebanyak 93 orang dan orang dewasa sebanyak 161 orang,” kata Dirut RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas dr Agus Waluyo, Sabtu (25/5/2019).

Menurutnya berdasarkan data rrekam medis yang dilakukan pada Sabtu (25/5) pukul 12.24 WIB, total pasien yang mengalami keracunan ini terinci yakni laki-laki 128 dan perempuan sebanyak 126 orang.

“Untuk menangani ratusan penderita keracunan ini kami menerjunkan 12 dokter menangani korban keracunan massal di Desa Narahan yang terjadi pada Kamis (23/5) malam lalu. Sementara pasien yang sudah mulai membaik, diperbolehkan pulang ke rumahnya masing-masing,” paparnya. (an/hm)