Disperindagkop Mura Gelar Pasar Murah di Tiga Desa

Warga Desa Dirung saat membeli paket sembako di pasar murah yang digelar Disperindagkop Mura Jumat (24/5).

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Murung Raya (Mura) melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) setempat menggelar pasar murah di tiga desa dengan kecamatan berbeda.

Tiga desa tersebut meliputi, Desa Dirung Lingkin Kecamatan Tanah Siang Selatan, kemudian selanjutnya di Desa Konut Kecamatan Tanah Siang dan Desa Danau Usung Kecamatan Murung. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 24-26 Mei 2019.

Kepala Disperindagkop Mura, Kariadi S.Sos mengatakan, bahwa pasar murah tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Mura melalui Disperindagkop bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Kalteng dan PKK Kabupaten Mura.

“Untuk tahun ini, pasar murah mengambil lokasi di tiga  desa di kecamatan berbeda dilaksanakan mulai tanggal 24-26 Mei secara bergantian di tiap desa,”ungkapnya  Minggu (26/5/2019).

Di pasar tersebut lanjut dia, dijual beberapa jenis komoditas sembalo diantaranya beras, minyak goreng, kopi, gula, tepung terigu dan kerupuk yang dikemas dalam satu paket. Sementara jumlahnya ada ratusan paket.

“Untuk subsidi harga sendiri, dalam pasar murah masyarakat akan mendapat potongan harga sebesar 30 persen, seperti contoh untuk beras saat ini di pasaran dijual Rp 120 ribu per 10 Kg, namun di pasar murah dijual hanya dengan harga Rp. 84 ribu,”ujarnya.

Sementara itu Minarti warga Desa Konut mengatakan, sangat senang dengan dilaksanakannya pasar murah, karena ditengah melonjaknya harga kebutuhan saat ini tentu pasar murah akan sangat meringankan beban ekonomi masyarakat.

“ Kami sangat terbantu dengan adanya pasar murah ini, namun kami berharap kedepan jumlah paketnya bisa lebih banyak sehingga semua warga tidak mampu bisa kebagian,”katanya. (to)