BPJS Kesehatan Palangka Raya Jaring Kepesertaan Badan Usaha melalui OSS

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com –Guna mengoptimalkan cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU), BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya menggelar sosialisasi program JKN-KIS kepada badan usaha yang telah melakukan registrasi perizinan melalui sistem Online Single Submission (OSS). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kecamatan Pahandut, Kota Palangka Raya, Selasa (7/5/2019).

OSS sendiri merupakan sistem perizinan yang terintegrasi secara elektronik/online. Melalui sistem ini, para pengusaha dapat mengurus perizinan usaha dimana pun dan kapan saja.

Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Idham Chalid dalam paparannya mengatakan, badan usaha atau pelaku usaha yang melakukan proses perizinan baik melalui OSS maupun datang langsung ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), wajib melakukan pendaftaran kedalam program Jaminan Sosial salah satunya adalah Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Dengan sistem OSS saat ini akan lebih memudahkan BPJS Kesehatan dalam memonitor badan usaha yang sedang melakukan proses perizinan, baik terkait perpanjangan izin usaha maupun perizinan baru untuk usaha. Dari sistem OSS inilah BPJS Kesehatan akan melakukan proses lebih lanjut dalam hal pendaftaran badan usaha yang belum terdaftar didalam program JKN-KIS,” ungkap Idham.

Sementara itu Kepala DPMPTSP Kota Palangka Raya yang juga hadir dalam kegiatan sosialisasi mengimbau, kepada seluruh pelaku usaha yang saat itu sedang menghadiri kegiatan sosialisasi BPJS Kesehatan, agar melakukan pendaftaran kedalam program Jaminan Sosial Kesehatan.

“Bagi para pelaku usaha yang saat ini belum menjadi peserta program JKN-KIS, agar segera melakukan pendaftaran ke BPJS Kesehatan. Karena salah satu persyaratan untuk penerbitan ijin usaha adalah terdaftar dalam kepesertaan program Jaminan Sosial, baik itu kesehatan maupun ketenagakerjaan,” kata Rawang.

Baca Juga :  Didominasi Wajah Baru, Ini Daftar Caleg Terpilih DPRD Kota Palangka Raya

Pada kegiatan ini, selain Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Idham Chalid dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palangka Raya Rawang tersebut, juga hadir sebanyak 30 pengusaha yang sebelumnya telah mengurus perizinan melalui OSS, baik terkait perizinan baru maupun perpanjangan perizinan usahanya yang belum diregistrasikan kedalam program JKN-KIS. (ar/hm)