Wujudkan Janji Politik, Bupati Mura Luncurkan Program KMS

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs. Perdie MA secara resmi melaunchingkan program baru di masa kepemimpinan priode keduanya, yakni dengan meluncurkan program Kartu Mura Sejahtera (KMS) yang merupakan perwujudan dari janji politik dirinya saat Pilkada beberapa waktu lalu.

Launching KMS tersebut di gelar di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Selasa (2/4) malam. Peluncuran program ini ditandai dengan pemukulan gong dan juga penyerahan secara simbolis  KMS kepada sejumlah perwakilan warga peneriman manfaat program tersebut.

Perdie mengatakan, program KMS adalah program baru yang diluncurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura tahun 2019 ini, dengan jumlah KMS yang dibagikan kepada 1000 warga tidak mampu dan lanjut usia (lansia). Sementara total anggaran yang dikucurkan bagi realisasi program ini sebesar Rp. 2 M per tahun bersumber dari APBD Mura.

“ Program KMS adalah program Pemkab Mura untuk membantu masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. Program ini diutamakan untuk masyarakat yang belum pernah menerima bantuan sosial apapun dari Pemerintah Pusat,”kata Perdie.

Ia menjelaskan, para penerima manfaat KMS ini diprioritaskan bagi Lansia, disabilitas, yatim piatu dan warga tidak mampu. Dengan mekanisme penyaluran melalui Bank Kalteng dan penerima KMS mendapat rekening atas nama dirinya, kemudian bisa mengambil bantuan secara tunai di Bank Kalteng atau perwakilannya di kecamatan.

“KMS pada tahun pertama pelaksanaan ini menyalurkan kepada 1000 orang penerima, namun di tahun mendatang tidak menutup kemungkinan  juga jumlah penerima akan bertambah, tetap atau malah berkurang,”paparnya.

Hal itu disebabkan karena pihaknya melihat dulu kondisi keuangan daerah, dinamika yang ada termasuk peraturan dan mekanisme penganggaran bantuan termasuk kebijakan pemerintah secara nasional. (to)