Tingkatkan Kepatuhan Peserta, BPJS Kesehatan Gandeng Kejati dan Wasnaker Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.comUntuk meningkatkan efektifitas pendaftaran dan pembayaran iuran program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalteng, di Kantor Kejati setempat Kamis (21/4/2019).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Deputi Direksi Wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalteng serta Kalimantan Utara (Kaltara) Benjamin Saut P.S, Wakil Kepala Kejati Kalteng Rudi Yulianto, Asdatun Kejati Kalteng Ronald H. Bakara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Adrielona JMS, dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Iwan Adriady, serta Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kalteng.

Pada kegiatan tersebut, Benjamin menyampaikan progres pelaksanaan program JKN-KIS di Provinsi Kalteng, khususnya terhadap pencapaian kepesertaan program JKN-KIS dan pendapatan iuran pada segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) atau badan usaha.

“Pada kesempatan ini kami sampaikan kepada tim koordinasi pengawasan dan kepatuhan terkait pencapaian BPJS Kesehatan pada triwulan pertama khususnya di Provinsi Kalteng. Hasilnya masih terdapat sejumlah badan usaha yang belum patuh, baik dari sisi pendaftaran karyawan, pelaporan data, maupun pembayaran iurannya,” ungkap Benjamin di sela-sela forum koordinasi.

Benjamin pun tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota tim koordinasi pengawasan dan kepatuhan terhadap hasil yang telah dicapai BPJS Kesehatan pada triwulan pertama.

“Kami mengapresiasi sebesar-besarnya atas kerjasama yang telah dilakukan oleh tim koordinasi pengawasan dan kepatuhan di Provinsi Kalteng ini yang telah membantu meningkatkan pencapaian BPJS Kesehatan baik dari sisi kepesertaan maupun pembayaran iuran oleh badan usaha,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Wakil Kepala Kejati Kalteng melalui Asdatun Ronald H. Bakara mengatakan, siap mendukung secara penuh tim koordinasi pengawasan dan kepatuhan yang ada di Provinsi Kalteng.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Tiga Pelaku Pembakar Hutan dan Lahan

“Pada umumnya kami akan mendukung seluruh kegiatan tim koordinasi pengawasan dan kepatuhan ini, apalagi sudah ada kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan Kejati Kalteng. Hal ini bisa menjadi landasan untuk meningkatkan kepatuhan badan usaha dalam melaksanakan kewajiban undang-undang,” kata Ronald. (as)