Sosialisasi Pemilu, KPU Kalteng Gandeng Relawan Demokrasi

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com– Dalam rangka mencapai target partisipasi pemilih 77,5 persen pada Pemilu 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng semakin gencar melakukan sosialisasi di tengah masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim menjelaskan, pihaknya sengaja menggandeng Relawan Demokrasi yang dibentuk untuk setiap kabupaten/kota, guna mensosialisasikan Pemilu 17 April 2019 ke masyarakat.

“Hari ini KPU Kalteng datang di Kobar guna mengelar pembicaraan santai bersama kawan-kawan dari Relawan Demokrasi yang berasal dari beragam komunitas yang sudah dibentuk. Relawan tersebut beranggotakan 55 orang,” ungkap Harmain Selasa (9/4).

Harmain menjelaskan tugas-tugas relawan ini nantinya yaitu setiap individu ditargetkan dapat memberikan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat agar datang ke TPS pada tanggal 17 April mendatang untuk memberikan hak suaranya dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

“Selain itu setiap relawan juga mensosialisasikan bahwa dalam pelaksanaan pemilu ini ada 5 jenis surat suara yaitu yang berwarna abu abu untuk pemilihan Presiden, merah DPD, kuning DPR RI, biru DPR Provinsi dan hijau DPRD Kabupaten/Kota,”paparnya.

Menurutnya, setiap hari masing-masing relawan ditargetkan memberikan sosialisasi pada sekitar 20 masyarakat yang dilakukan secara langsung, baik yang tergabung  dalam komunitas dan kelompok masyarakat.

“Bila satu relawan memberikan sosialisasi pada minimal 20 orang dalam sehari, artinya 55 orang relawan bisa memberikan sosialisasi pada 1100 orang masyarakat. Sehingga dalam 8 hari pelaksanaan sosialisasi berhasil mencapai jumlah 8 ribu hingga 10 ribu orang,” tandasnya. (yus)