Respon Keluhan Wali Murid, Dikbud Kobar Sidak SDN-3 Raja

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com  – Sejumlah pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SDN-3 Raja, Senin (1/4/2019). Sidak ini menanggapi terkait keluhan orang tua murid, dan mosi tidak percaya terhadap oknum guru dan kepala sekolah setempat.

Kepala Dikbud Kobar Rosehan Pribadi melalui Kabid Sekolah Dasar Kartono mengatakan, sidak ini menyikapi keluhan wali murid terkait kabar bahwa di sekolah ini ada pungutan yang tak wajar.

“Karena itu untuk mamastikannya, kami dari Dikbud Kobar langsung ke sekolah guna mencari kebenarannya. Tadi sudah kita lakukan pertemuan dengan Kepsek SDN 3 Raja dan beberapa orang guru, intinya ini miskomunikasi saja, kepala sekolah tadi sudah kami mintai keterangan dan mengakui bahwa selama ini tidak melibatkan guru terkait anggaran,”ungkap Kartono kepada Kalteng Ekspres.com Senin (1/4).

Kendati demikian lanjut dia, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan bimbingan kepada kepala sekolah agar bisa memperbaiki kinerjanya. Terlebih jika menyangkut masalah anggaran, setidaknya semua guru harus dilibatkan.

“Misalkan dana bos harus transparan dan termasuk juga dana yang lain harus terbuka jangan cuma kepala sekolah saja yang ngerti, ini bisa menimbulkan kecurigaan para wali murid,”papar Kartono.

Sementara itu salah perwakilan orang tua murid yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan, pihaknya keberatan jika disebut permasalahan itu tidak benar, dan dianggap hanya  miskomunikasi. Karena menurut dia, selama ini dana bos saja tidak tahu dan sebagai anggota komite tidak pernah dilibatkan.

“Kan aneh masa dibilang miskomunikasi,” ucapnya sambil di iyakan puluhan wali murid lainnya yang sengaja datang ke tempat tersebut menunggu hasil sidak. (yus)