Penyelenggara Pemilu Dinilai Tak Siap

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar menilai penyelenggara Pemilu Serentak 17 April 2019 lalu, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak siap. Pasalnya, saat pelaksanaan pemungutan suara banyak terdapat kendala dan permasalahan.

Hal ini diutarakan Ketua DPRD Kobar Triyanto kepada awak media, Jumat (19/4). Triyanto mengatakan, proses pelaksanaan Pemilu Serentak yang ditunggu-tunggu telah dilaksanakan 17 April 2019 lalu.

Namun di lapangan banyak terdapat kendala, dimulai dari kurangnya surat suara di beberapa TPS, hingga warga yang telah masuk daftar pemilih tetap (DPT) tak mendapat undangan untuk mencoblos di TPS.

“Kondisi ini tentu membuat kekecewaan warga karena masih banyak kekurangan dalam proses pelaksanan Pemilu 2019 ini,” kata Triyanto, Jumat (19/4/2019).

Hal itu lanjut Triyanto, diketahui dari banyaknya laporan masyarakat mengenai pelaksanaan tersebut. Karena itu ia mengharapkan kejadian ini menjadi bahan evaluasi dan yang harus diperhatikan oleh penyelenggara ke depan.

“Untuk surat suara yang sudah tercoblos ini, harus di usut secara tuntas. Karena yang tercoblos ini untuk surat suara DPRD Kobar. Dimana salah satu calon sudah di coblos,” ujarnya. (yus)