Nelayan Palangka Raya Merasakan Manfaat JKN-KIS

Suwandi saat memperlihatkan kartu JKN-KIS.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Suwandi (18), seorang nelayan yang tinggal di Desa Kameloh Baru, Kota Palangka Raya berbagi informasi terkait layanan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Ketika ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya untuk melakukan perubahan data, pemuda yang baru menikah dan dikaruniai seorang anak ini menceritakan keuntungannya terdaftar sebagai peserta dalam program JKN-KIS yang didaftarkan oleh pemerintah.

Menurutnya, kartu tersebut sangat membantu untuk memenuhi keperluan biaya pengobatan keluarganya yang sedang sakit.

“Untung saya dan keluarga sudah punya kartu JKN-KIS dari pemerintah. Kartu ini sangat berguna sekali untuk masyarakat seperti saya ini. Apalagi untuk keperluan berobat ibu saya yang harus bolak balik ke rumah sakit menjalani pemeriksaan dahak. Awalnya kami sekeluarga mengira batuknya itu batuk biasa, tapi sudah lebih dari 3 bulan kok tidak sembuh-sembuh, makanya dokter merujuk ke rumah sakit untuk di cek dahaknya,” ungkap Suwandi.

Sambil menunggu nomor antriannya di panggil oleh petugas customer service, Suwandi tetap melanjutkan ceritanya kepada Kalteng Ekspres.com perihal pengalamannya saat menemani ibunya berobat.

“Kemarin saat diperiksa oleh dokter, saya khawatir kalau ibu menderita penyakit TBC (Tuberkulosis). Saya sudah membayangkan biaya untuk pengobatannya, karena informasi dari orang-orang, kalausakit TBC harus minum obat secara rutin selama 6 bulan, bahkan ada yang 1 tahun, pasti biayanya sangat banyak,” imbuhnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan di rumah sakit, lanjut dia, akhirnya ia merasa tenang karena ibunya dinyatakan negatif dan tidak menderita penyakit TBC.

“Setelah berkali-kali cek dahak di rumah sakit, akhirnya dokter bilang kalau hasilnya negatif. Saya langsung bersyukur ibu saya tidak kenapa-kenapa. Dan yang lebih beruntungnya lagi semua biayanya di jamin oleh program JKN-KIS. Jadi saya tidak membayar sama sekali. Sungguh sangat membantu kami,”ujarnya.

Baca Juga :  Pelaku Penggelapan Mobil Rental Dibekuk Polisi di Jakarta

Suwandi memuji pelayanan yang ada di rumah sakit selama ia menemani ibunya berobat disana. “Pelayanan menggunakan kartu JKN-KIS juga sangat baik yang saya rasakan, tidak ada petugas yang cuek ataupun marah-marah. Semuanya sesuai dengan prosedurnya,” tutupnya. (ys)