KPU Barsel Gelar PSU di TPS 06 Kelurahan Pendang

ilustrasi net.

BUNTOK, KaltengEkspres.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 6 Kelurahan Pendang Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Sabtu (27/04/2019).

Ketua KPU Barsel Baharuddin  mengungkap, PSU di TPS 06 Kelurahan Pendang telah dilaksanakan. Dalam pelaksaannya, tak ada kendala karena surat suara dan kepentingan logistik telah di distribusikan .

“PSU tersebut merupakan rekomendasi dari Panwas Kecamatan Dusun Utara, karena sesuai kajian mereka bahwa di TPS tersebut harus dilakukan PSU. Rekomendasi tersebut disampaikan ke kita, maka kita wajib melaksanakannya, apa lagi sesuai ketentuan UU PSU bisa dilaksanakan maksimal 10 hari setelah pemungutan suara,” ujar Baharuddin Sabtu (27/4).

Terpisah Ketua Bawaslu Barsel Nur Chamjah menjelaskan, bahwa pihaknya terus mengawal PSU  karena  berpotensi adanya kecurangan.

“Hal itu dikarenakan caleg yang rawan melakukan ini adalah caleg yang memiliki perolehan suara tipis dengan caleg yang untuk data penghitungan sementara berpeluang mendapatkan  kursi,” katanya.

Agar PSU bisa berjalan sesuai harapan maka Ketua Bawaslu berharap selain pihaknya dan pihak keamanan, masyarakat bisa berperan aktif mengawal PSU bisa berjalan sesuai koridor yang ada.

“Kita mengawal bersama sama PSU, jangan sampai pemilih atau masyarakat terpengaruh oleh monypolitic dan kecurangan lainya yang dapat menciderai hasil pemilu,” pungkasnya. (rif)