Kobar Targetkan Juara Umum STQ Kalteng

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat, mengirimkan 75 kafilah pada seleksi tilawatil quran (STQ) ke 22 tingkat Provinsi Kalteng.

Keberangkatan kafilah ini ditandai dengan dilepasnya secara langsung oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah di Aula Kantor Bupati Kobar, Rabu (24/4/2019). Pada STQ ini, Kabupaten Kobar menargetkan juara umum.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, para kafilah harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti lomba, terutama kesiapan fisik karena akan menghadapi peserta lain yang berasal dari 13 kabupaten/kota se-Kalteng.

“Kegiatan STQ sangat positif dan berdaya guna bagi peningkatan kecintaan kepada Allah SWT dan agama islam, serta untuk mengasah keterampilan, pemahaman dan implementasi kehidupan spiritual masyarakat, memperkokoh ketahanan mental, terutama disaat kita dihadapkan pada kondisi akhir-akhir ini,” kata Nurhidayah saat menyampaikan sambutannya.

Menurutnya, Kabupaten Kobar memiliki julukan kota yang agamis, karena itu diharapkan terus melahirkan tokoh-tokoh Islam. sehingga dikenal sebagai daerah yang religius dan mengedepankan nilai-nilai Islami.

“Harapan kami, kafilah yang mengikuti lomba mampu meraih hasil maksimal sehingga menambah orang-orang yang mengerti dan mendalami kitab suci Al qur`an dan diharapkan pula bisa menjadi tokoh Islam. Lebih-lebih dalam STQ kali ini bisa menjadi yang terbaik yakni keluar sebagai juara umum,” ungkapnya.

Selain itu, para kafilah juga bisa memperlihatkan kemampuan dari Kabupaten Kobar. “Seluruh kafilah siap mengikuti lomba dan kami mengharapkan setiap peserta mampu memperlihatkan kemampuan terbaik di depan juri sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal,” ujarnya.

Bupati meminta kepada seluruh kafilah dan official untuk selalu menjaga nama baik Kabupaten Kobar, yaitu dengan berbuat baik, ramah, sopan, dan penuh kekeluargaan dalam setiap event kegiatan yang diikuti maupun selama kegiatan itu dilaksanakan.selain kesiapan peserta. Ini diperlukan dukungan masyarakat melalui doa sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Kobar memberikan dukungan moral kepada para kafilah.

Baca Juga :  Pemkab Kobar Target Masuk Tiga Besar PPD

Sementara itu Ketua LPTQ Kobar Kamaludin mengatakan, dalam ajang STQ ke XX Tingkat Provinsi Kalteng di Palangka Raya. Pada kegiatan ini pihaknya mengirimkan 75 orang. Dimana kafilah tersebut yang terbaik dan sebelumnya yang berhasil menjuarai kegiatan MTQ, tingkat Kabupaten Kobar.

“Mudah-mudahan para kafilan yang kita kirim kan sebanyak 75 orang ini benar-benar menunjukkan kemampuanya yang terbaik dalam setiap perlombaan yang diselenggarakan. Sehingga Kobar bisa menjadi yang terbaik dan sesuai harapan Bupati pula menjadi juara umum,” tandasnya. (yus)