Hari Ini, KPU Gelar PSL dan PSU di Dua Kabupaten

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Harmain Ibrohim mengungkapkan, bahwa pihaknya melaksanakan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua kabupaten yakni Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Barito Selatan (Barsel).

“PSL ini dilakukan di empat kecamatan yakni Kecamatan Antang Kalang, Cempaga Hulu dan Telaga Antang dengan jumlah 19 TPS untuk melakukan PSL DPD dan Presiden. Selain itu akan ada satu TPS di TPS 6 untuk dilakukan PSU dan perhitungan ulang di Kelurahan Pendang, Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barsel,” katanya.

Ia menjelaskan, PSL yang dilaksanakan tersebut untuk di Kecamatan MB Ketapang, Antang Kalang dan Cempaga Hulu terdapat 15 TPS, yang hanya melakukan pemilihan DPD.Sedangkan di Kecamatan Telaga Antang terdapat empat TPS yang akan melaksanakan PSL pemilihan Presiden, Jumat (26/4/2019).

“PSU di Kelurahan Pedang, Kecamatan Dusun Selatan satu TPS. Alasannya kenapa harus dilakukan PSU dikarenakan ditemukan saat rekapitulasi ditingkat PPK terdapat kekurangan surat suara yang sangat signifikan unuk DPD dan Presiden,” ujarnya.

Selain kekurangan surat suara, ia mengakui bahwa mendapati dua orang pemilih yang tidak terdaftar sebagai DPT dan DPTB, namun menggunakan E-KTP yang bukan warga desa tersebut. Oleh karena itu, sesuai dengan ketentuan undang-undang maka akan dilakukan PSU.

“Untuk logistik PSL di empat kecamatan dan TPS di Kelurahan Pendang Kecamatan Dusun Selatan sudah disiapkan termasuk tanggal pelaksanaannya dilakukan pada 27 April 2019 (Hari ini-Red). Jadi, kami mengharapkan semula pelaksanaan PSU dan PSL bisa berjalan lancar,” tukasnya. (hen/rd)