Gubernur Sampaikan Capaian Kerja 3 Tahun RPJMD Kalteng

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto sabran menyampaikan capaian kerja 3 tahun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RDJMD) Kalteng.

Capaian tersebut disampaikan pada acara Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) program-program pembangunan Provinsi Kalteng triwulan I tahun 2019 di Aula Bappedalitbang, Kamis (25/4/2019). Yang dilihat dari beberapa indikator makro ekonomi.

Bahkan, setelah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota melakukan upaya percepatan penyerapan anggaran, khususnya penyerapan belanja langsung, sebagai upaya percepatan terealisasi target kinerja pembangunan.

“Sehingga penyerapan belanja langsung dan target kinerja pembangunan menjadi salah satu komponen terbesar dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan memberikan kesempatan kerja kepada masyarakat serta mengurangi angka kemiskinan,” kata Gubernur Sugianto Sabran.

Berdasarkan data yang disampaikan, pada tahun 2018 pertumbuhan ekonomi sebesar 5,64 persen lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,17 persen, angka kemiskinan sebesar 5,10 persen lebih rendah (lebih baik-red) dari capaian nasional yakni 9,66 persen.Sedangkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2018 sebesar 70,42 lebih rendah dari IPM nasional yakni 71,39 persen.

“Meski demikian IPM Kalteng masuk dalam kategori kelompok tinggi dan ini untuk pertama kalinya IPM Kalteng masuk kelompok tinggi 70 sampai dengan 80, serta gini ratio 0,342 lebih rendah (lebih Baik-red) dibandingkan dengan capaian nasional 0,384,” paparnya.

Oleh karena itu, Gubernur Sugianto Sabran mengharapkan capaian indicator pembangunan itu dapat dipertahankan dan dapat tingkatkan di ahun 2019 ini dengan sinergitas antara pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. (rd/adv)