Gubernur Buka Secara Resmi Rakordal 2019

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) program-program pembangunan Provinsi Kalteng triwulan I tahun 2019 di Aula Bappedalitbang, Kamis (25/4/2019).

“Rakordal triwulan I tahun 2019 ini adalah koordinasi pencapaian pembangunan pemerintah provinsi dan Kabupaen/Kota se-Kalteng, guna dapat melakukan evaluasi rencana pembangunan. Sehingga dengan ini saya nyatakan Rakordal resmi dibuka,” katanya.

Selain itu, Gubernur juga mengharapkan dalam pelaksanaan kegiatan tersebut pihaknya dapat memperoleh data kinerja keluaran dan sasaran serta realisasi anggaran pendapatan belanja daerah sampai dengan triwulan I tahun anggaran 2019, baik bersumber dari APBD, APBN, Dana Desa maupun DAK.

Dengan memperoleh data realisasi/capaian kinerja pembangunan dalam RPJMD 2016-2021 di tahun 2018 sesuai tugas dan kewenangan perangkat daerah provinsi. Pihaknya akan menyusun rencana percepatan realisasi pendapatan daerah dan belanja daerah tahun 2019 yang akan digunakan sebagai bahan evaluasi rencana pembangunan dan masukan perencanaan anggaran tahun 2021.

“Jadi kita akan mengidentifikasi dan menginventarisir permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjut yang diperlukan, serta percepatan penyerapan anggaran serta penyelesaian fisik kegiatan,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Gubernur Sugianto Sabran guna meningkatkan konsistensi antara perencanaan, plaksanaan dan pengendalian program dan kegiatan, perlunya memberikan masukan kepada Gubernur, Bupati serta Walikota dalam rangka pengendalian dan evaluasi rencana pembangunan daerah. (rd/adv)