Disperkimtan Diminta Cari Solusi Penyelesaian Sangketa Tanah

Peserta saat menghadiri rakor Senin (29/4).

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com -Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Permasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Yuel Tenggara meminta, kepada Disperkimtan Provinsi Kalteng agar memperhatikan secara khusus sengketa tanah. Disamping itu ia juga menegaskan, agar ada langkah-langkah yang kongkrit untuk mencari solusi penyelesaianya.

“Masih terjadinya permesalahan sengketa tanah sekarang ini, salah satunya menandakan penyelenggaraan bidang pertanahan belum sepenuhnya baik, sehingga membutuhkan perhatian secara khusus, maka dari itu harus ada langkah-langkah yang kongkrit dalam mencari solusi terkait Permasalahan tersebut” katanya saat membecakan sambutan pada Rakor penanganan sangketa tanah di Meeting Room Hotel Fovere Senin (29/4).

Permasalahan sengketa tanah ini lanjut dia, merupakan masalah yang kompleks  sehingga perlu diurai untuk mengetahui tingkat permasalahan dan cara penanganannya sehingga menghasilkan suatu solusi yang berkeadilan namun tetap berlandasan aturan dan perundang-undangan.

“Permasalahan pertanahan merupakan hambatan bagi pembangunan dan investasi yang berdampak pada permasalahan sosial dan ekonomi serta masalah laennya,”paparnya.

Pada kesempatan itu ia berharap para aparatur  benar-benar cakap dan kompeten dalam hal menangani permasalahan sengketa tanah tersebut. Yakni dengan peningkatan kualitas aparatur perangkat daerah akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas penyelenggara pemerintahan khususnya dalam bidang pertanahan yang secara keseluruhan akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sekalimantan tengah. (hen/adv)