Dewan Minta Dishub Tertibkan Truk Fuso Saat Melintas Dalam Kota

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Masih maraknya truk fuso mengangkut peti kemas yang nekat masuk ruas jalan dalam Kota Pangkalan Bun menuai sorotan dari salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar Rahmad S. Sos.

Menurut Rahmad, keberadaan truk fuso yang masuk ke ruas jalan dalam Kota Pangkalan Bun ini harus disikapi oleh dinas terkait, karena telah menuai keluhan dari masyarakat. Bahkan sempat ada beberapa orang warga yang ingin bertindak sendiri karena kesal dengan perilaku sopir truk fuso saat melintasi jalan raya dalam kota.

“Keluhan masyarakat ini beralasan, karena saat truk tersebut melintasi ruas jalan dalam kota, secara otomatis mengganggu pengguna jalan lainnya. Lantaran ruas jalan yang dilintasinya tidak sesuai dengan kapasitas jalan,”kata Rahmad kepada Kalteng Ekspres.com, Selasa (2/4).

Ia menjelaskan, keberadaan truk fuso mengangkut peti kemas yang melintas ruas jalan ini memang menandakan perekonomian Kobar semakin maju. Akan tetapi jika tidak dibarengi dengan penertiban oleh pihak berwenang maka bisa menimbulkan gesekan di tengah masyarakat.

“Apalagi truk fuso ini banyak yang masuk ke dalam kota dan langsung ke gudang untuk menurunkan barang,”ujarnya.

Untuk itu dirinya memberikan saran kepada dinas terkait agar mematuhi perintah bupati dengan menertibkannya. Jika tetap melanggar ditindak tegas, sehingga tak ada lagi truk fuso masuk ke dalam kota.

”Kita juga berharap supaya ada aturan untuk ketertiban kendaraan besar jangan sampai nanti menunggu ada korban baru ditertibkan,” tandasnya. (yus)