Bupati Buka Musrenbang RKPD Mura

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Bupati Kabupaten Murung Raya (Mura) Drs Perdie MA membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dalam rangka membahas program prioritas tahun anggaran 2020.

Bertempat di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu, Selasa (2/4)  pelaksanaan Musnrenbang dihadiri perwakilan FKPD, dan seluruh Kepala SOPD termasuk para Camat se Kabupaten Mura.

Plt. Sekretaris Daerah yang juga menjabat Kepala Bappelitbangda Ir. Nyarutono Tunjan mengatakan, pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan kegiatan pemerintah sebagai bentuk upaya menyeleraskan dan membangun sinergisitas untuk perencanaan pembangunan.

Selain itu, Musrenbang ini juga sebagai finalisasi pelaksanaan rapat Forum SOPD yang telah dilaksanakan sebelumnya dalam rangka membahas dan menyepakati program kerja pemerintah tahun anggaran 2020 mendatang.

Sementara itu, Bupati Mura Perdie mengatakan, Musrenbang RKPD merupakan salah satu bagian penting dalam melaksanakan perencanaan pembangunan yang terarah dan terukur untuk program pembagunan tahun 2020 mendatang.

Lantaran Musrenbang kali ini merupakan pleno dari hasil Forum Gabungan SOPD yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, setelah melalui pembahasan serta kesepakatan kebijakan kegiatan prioritas tahun 2020. Yang akhirnya menghasilakan suatu rancangan RKPD 2020 berdasarkan RPJMD Kabbupaten Mura tahun 2018 – 2023.

“Pada pelaksanaan Musrenbang RKPD kali ini harus difokuskan terkait upaya peningkatan nilai tambah berbagai sektor unggulan khususnya dibidang pertanian dan pariwisata yang didukung pemantapan infrastruktur,”katanya saat menyampaikan sambutannya.

Kemudian yang perlu ditekankan pada Musrenbang ini tambah Perdie, konsep perencanaan merupakan produk dari kesepakatan dan komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat. Karenanya semua program pembangunan yang akan dilaksaksanakan diiharapkan dapat memberikan jawaban terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan daerah saat ini. (to)

Baca Juga :  Bupati Peringatkan Kades Jangan Berjudi