BPBD Kota Sebut Tahun Ini Bakal Terjadi Kemarau Panjang

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, melalui Kabid Pencegahan Bencana Koffeno Nahan mengungkapkan, tahun ini di Kalteng bakal terjadi kemarau panjang.

“Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, kemarau terhitung  mulai berlangsung hingga November mendatang,”ungkapnya Koffeno Selasa (2/4).

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut lanjut dia, maka pemerintah secara terpusat telah memerintahkan setiap daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) untuk mempersiapkan langkah-langkah pengendalian karhutla.

Disamping itu masing-masing kepala daerah telah diminta untuk berkoordinasi melakukan penanggulangnan dan pencegahan secara langsung melalui satgas masing-masing.

“Untuk di Palangka Raya, Pemerintah Kota Palangka Raya dipimpin langsung wali kota melalui satgas penanggulangnan dan pencegahan karhutla yang ada, telah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi menyikapi peralihan musim ditahun ini. Terutama  ancaman karhutla yang biasanya akan muncul,”ujarnya. (hen)