Aparatur Kelurahan Ikuti Rakor Pembinaan

Peserta rakor dari aparatur kelurahan yang hadir sedang serius mengikuti kegiatan.

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat koordinasi (Rakor) penguatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan dalam rangka implementasi peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No 130 Tahun 2018.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Plh Sekda Kalteng Sapto Nugroho selaku mewakili Gubernur Kalteng Sugianto Sabran ini, bertempat di Ballroom Hotek Luwansa Kota Palangka Raya, Senin (8/4/2019).

Sapto Nugroho mengatakan, rakor ini bertujuan sebagai sarana fasilitas, sinkronisasi, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan yang dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten/kota dalam satu provinsi, serta menyosialisasikan Permendagri No 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Kegiatan ini juga, lanjutnya, sekaligus pemaparan terkait dengan tugas pemerintahan dibidang intelijen untuk melakukan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan setiap ancaman serta gangguan terhadap keamanan nasional khususnya di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila. Terutama mencegah peredaran narkoba di wilayah perbatasan dengan provinsi lain.

“Tujuan Rakor ini antara lain, untuk mengetahui secara langsung bentuk pembinaan dan pengawasan yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota terkait dengan penyelenggaraan pemerintah kelurahan di Provinsi Kalteng,” paparnya.

Selain itu tambah dia, kegiatan ini juga untuk mengidentifikasi dan menginventarisir permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah di kelurahan. (hen/adv)