Selangkah Lagi, Raperda RTRWK Palangka Raya Disahkan

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Ketua Komisi A DPRD kota Palangka Raya Beta Syailendra mengungkapkan, bahwa Raperda Rancangan Tata Ruang Wilayah Kota (RTRWK) Palangka Raya, jika tak ada kendala selangkah lagi disahkan.

Hal ini dikarenakan pada tanggal 6 Maret 2019 lalu, Raperda RTRWK tersebut sudah dikonsultasi dan evaluasi Gubernur Kalteng ditingkat Ditjen Bangda Kemendagri RI. Sehingga rencananya, dalam waktu dekat hasil dari evaluasi gubernur tersebut akan segera diparipurnakan di DPRD Kota Palangka Raya.

“Pembahasan Reperda RTRWK ini sudah sejak tahun 2013 lalu, kemudian di tahun 2014 di paripurnakan dan diajukan evaluasi ke Gubernur Kalteng. Saat dievaluasi gubernur ini, memakan waktu yang lama karena harus memenuhi syarat-syarat dan sempat mangkrak, tapi setelah itu dilanjutkan lagi pada bulan Maret 2018,”ungkap Beta Syailendra kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (8/3).

Ia menjelaskan, setelah sempat staknan, proses penyempurnaan evaluasi gubernur kembali dilanjutkan pada 2018. Baru pada tahun 2019 ini kembali diinformasikan sudah selesai dibahas ditingkat Ditjen Kemendagri RI. Sehingga dalam waktu dekat, jika tak ada kendala segera diparipurnakan untuk disahkan menjadi Perda RTRWK.

“Perda RTRWK ini penting karena yang pertama sebagai acuan RPJMD 2018 – 2023, dari Wali Kota yang baru ini, yang kedua semua pembangunan yang terkait dengan fisik dan tata ruang seharusnya mengacu kepada Raperda RTRWK ini,”tandas Beta. (hen)