Home / Pemkab Kobar

Jumat, 1 Maret 2019 - 13:45 WIB

Selama 2018, Dinas PUPR Bangun Tiga Embung di Kobar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Guna mendukung program sektor pertanian sekaligus konservasi air di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kobar, merampungkan tiga pembangunan embung . Yakni, Embung Danau Gatal Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), dan Desa Berambai Makmur serta di Sungai Pulau Kecamatan Pangkalan Banteng.

Plt Kepala Dinas PUPR Kobar Juni Gultom mengatakan, pembangunan embung ini sebagian ada yang dikerjakan secara bertahap dan rampung 2018 lalu. Tujuan pembangunannya untuk mendukung program pertanian, terutama dibeberapa kecamatan yang berpotensi menghasilkan produk pertanian seperti padi dan lain-lainnya, disamping itu juga  untuk konservasi air.

Baca Juga :  Respon Keluhan Netizen, DLH Kobar Turun Bersihkan Sampah

“Rencananya tahun depan, pembangunan embung ini kembali dilanjutkan di daerah lainnya, salah satunya seperti di Danau Asam. Pembangunan tahap berikutnya ini, rencana bekerjasama dengan pihak perusahaan, dengan target yang dibangun sebanyak 1001 embung,”ungkap Juni Gultom kepada Kalteng Ekspres.com Jumat (1/3).

Juni menjelaskan, pembangunan embung ini ada yang bersumber dari dana APBN dan APBD Kobar. Yang bersumber dari APBD Kobar merupakan salah satu wujud nyata realisasi dari program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar selama kepemimpinan Bupati Kobar Hj Nurhidayah, dalam rangka berupaya meningkatkan sektor pertanian di kabupaten, sehingga potensi pertanian yang ada bisa menghasilkan swasembada pangan.

Baca Juga :  Anang Dirjo : Penunjukan Saya Tidak Ada Kaitannya dengan Kepentingan Politik

“Kita berharap semoga program ini berjalan dengan baik. Sehingga keberadaan infrastruktur embung ini bisa memberikan dampak positif bagi para petani di Kabupaten Kobar. Terutama dalam meningkatkan produksi pertaniannya, dan sekaligus mensejahterakan petani daerah,”ucap Juni. (hm)

Share :

Baca Juga

Pemkab Kobar

Dinkes Kobar Temukan 25 ODP Virus Corona

Kobar

Mulai 15 Februari, Sekolah Boleh Menggelar PBM

Pemkab Kobar

Pemkab Kobar Terima Bantuan 50 Ribu Masker Gratis Dari Gubernur Kalteng

Pemkab Kobar

Banjir di Pangkalan Lada Rendam 30 Rumah dan Rusakan 3 Jembatan

DPRD Kobar

Maksimalkan PAD, Pemkab Kobar Ajukan 7 Ranperda 

Pemkab Kobar

Bupati Kobar Lantik 309 Pejabat Eselon IV dan III

Pemkab Kobar

Bupati Dukung Kodim 1014 Pangkalan Bun Ikut Lomba Binter

Pemkab Kobar

BPBD Kobar Bangun Empat Posko Pemantau Karhutla