Home / Kapuas

Kamis, 21 Maret 2019 - 07:51 WIB

RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Komitmen Berikan Layanan Terbaik

Lipsus :

KUALA KAPUAS, KaltengEkspres.com – HUT Kapuas ke 213 dan hari jadi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas ke 68, Media KaltengEkspres.com mendapat kesempatan untuk mengekspos pencapaian pembangunan dibidang pelayanan kesehatan dilingkup Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas.

Perlu diketahui, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo adalah rumah sakit umum milik Pemkab Kapuas, Kalimantan Tengah,yang terletak di ibu kota Kuala Kapuas. Rumah sakit ini merupakan satu-satunya rumah sakit di kota Air Kuala Kapuas.

Pemberian nama rumah sakit ini merujuk pada nama salah satu direktur rumah sakit yang telah berjasa mengembangkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kapuas.

Rumah sakit ini diresmikan dan mulai berfungsi pada tanggal 1 Juli 1931. Rumah sakit ini didirikan oleh Basel Mission di Kelurahan Barimba, Kecamatan Kapuas Hilir, Kapuas dengan nama Rumah Sakit Kuala Kapuas.

Sejak tahun 1931 sampai dengan 1966 rumah sakit tersebut dipimpin oleh : Dr. Carl Mattheus Vischec, hingga akhirnya rumah sakit terbesar di Kabupaten Kapuas ini dipindahkan di Jalan Tambun Bungai, Kecamatan Selat,dengan Pelaksana Tugas (Plt) direkturnya dr Agus Waloyo.

Selama satu priode kepemimpian Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM, MT, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo semakin maju, dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, sehingga rumah sakit yang berada di tengah kota ini, bakal meraih Tipe A.

Baca Juga :  Tabrak Pembatas Jalan, Seorang Pemuda Nyaris Tewas

Ir Ben Brahim S Bahat MM. MT, pernah menyampaikan bahwa Pemkab Kapuas akan mengusulkan adanya pelayanan cuci darah bagi masyarakat, sehingga tidak lagi jauh-jauh untuk berobat atau cuci darah ke Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tak hanya itu, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo juga telah memiliki 12 ruangan seperti Rawat Inap (VIP, Kelas I, Kelas II, Kelas III), Unit Gawat Darurat, Intensive Care Unit, Kamar Operasi Reguler dan Cito, Radiologi – X-ray dan Ultrasonografi medis, Fisioterapi, Laboratorium, Unit Transfusi Darah, Instalasi Gizi, Instalasi Jenazah, Instalasi Farmasi, Instalasi Hemodialisis.

Baca Juga :  Pemcam Bataguh Salurkan Bantuan Bagi Penderita Tumor Paru

Selain itu, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo juga bekerja sama dengan Pusat Pelayanan BPJS Kesehatan, sehingga dalam pelayanan kepada masyarakat yang memilik BPJS, bisa dilayani secara baik dan prima, serta pusat diabetes (poliklinik penyakit dalam), pusat penanggulangan tuberkulosis, pusat pelayanan terpadu korban kekerasan terhadap perempuan dan anak (PPTK-KTP/KTA), voluntary counseling test (VCT).

Plt RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, dr Agus Waloyo menjelaskan, bahwa rumah sakit yang dipimpinnya ini selalu siap dalam memberikan pelayanan terbaik dibidang kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas.

“Sesuai apa yang telah disampaikan oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM. MT, dalam visi-misi pria yang menjadi Bupati Kapuas dua priode ini,”katanya. (ab)

Share :

Baca Juga

Kapuas

DPMD Kapuas dan TP-PKK Akhiri Pasar Murah di Desa Pulau Telo

Kapuas

Diamuk Jago Merah, Dua Rumah di Terusan Raya Luluh Lantak

Kapuas

Mantan Kadishut Kapuas Turut Ditahan Kejaksaan

Kapuas

Sekolah MI Syaifurahman Terbakar, Tiga Ruangan Jadi Arang

Kapuas

Dua Penambang Illegal Ditangkap Polisi

Kapuas

DPMD Kapuas Gelar Rakor Teknis Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi

Kapuas

20 Adegan Diperagakan Pelaku Menghabisi Nyawa Samsiah

Kapuas

Pemuda 25 Tahun Tewas Dikeroyok