Home / Pemkab Murung Raya

Kamis, 21 Maret 2019 - 14:14 WIB

BPBD Mura Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrim

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Cuaca ekstrim melanda wilayah Kabupaten Murung Raya (Mura), sehingga membuat masyarakat harus ekstra waspada terhadap dampaknya. Angin kencang disertai hujan menerpa Kota Puruk Cahu dan sekitarnya mengakibatkan puluhan pohon tumbang. Tak hanya pohon, menara pemancar radio milik Satpol PP juga ikut diterjang angina kencang dan roboh, Rabu (20/3).

Menyikai kejadian ini, Kepala Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD) Murung Raya Merkudius saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut dia, cuaca ekstrim hujan disertai angin kencang belakangan terakhir memang sering terjadi dan cukup membahayakan.

Baca Juga :  Bupati Tegaskan Program Harus Menyentuh Masyarakat Pelosok

“Saat ini Kabupaten Mura memang kerap dilanda cuaca ekstrim, itu biasanya berdampak kepada pohon tumbang, termasuk juga longsor sehingga masyarakat diminta untuk waspada terhadap kondisi tersebut” ungkapnya Kamis (21/3).

Karena itu lanjut dia, masyarakat harus melakukan langkah antisipasi dan waspada dengan menebang pohon besar yang ada di sekitar pemukiman yang rawan ambruk diterjang angin.

Baca Juga :  Masyarakat Diminta Sediakan Tempat TPS

Termasuk juga yang bermukim di lereng atau tepi jurang, karena kultur atau kondisi geoografis di Mura berbukit bukit, sehingga rawan longsor, karenanya apabila masyarakat yang bermukim yang berada dii kawasan rawan longsor juga harus waspada.

“Kami akan terus pantau kondisi cuaca termasuk dampaknya, kami sudah siagakan petugas yang setiap saat siaga melakukan pertolongan atau evakuasi kalau bencana terjadi” tuturnya.(to)

Share :

Baca Juga

Murung Raya

Camat Apresiasi Pilkades dan Pemilihan BPD Berjalan Lancar

Pemkab Murung Raya

800 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Murung Raya

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Kunjungi Dua Kabupaten di Maluku Utara

Pemkab Murung Raya

Bupati Minta PUPR Perbaiki Ruas Jalan Kecamatan yang Rusak

Pemkab Murung Raya

Bupati Mura Serahkan 77 SK CPNS Tahun 2019

Pemkab Murung Raya

Pemkab Mura Bakal Usul Penetapan HET Gas Elpiji 3 Kg

Pemkab Murung Raya

Bupati Buka Resmi Pesparawi IV Mura

Pemkab Murung Raya

Visi dan Misi Calon Kades Harus Sejalan dengan Program Daerah