Tangkal Hoax, Diskominfo Gagas Program Berbasis Kearifan Lokal

PURUK CAHU, KaltengEkspres.com – Guna mengimbangi lajunya arus informasi yang disebar melalui media sosial serta menangkal isu hoax yang beredar, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Murung Raya (Mura), mulai melaksanakan program berbasis kearifan lokal.

Kepala Diskominfo SP Mura, Drs. Bimo Santoso mengatakan, pada tahun 2019 ini pihaknya akan meluncurkan program penyampaikan informasi berbasis kearifan lokal melalui pertunjukan rakyat. Program ini untuk mengangkat kearifan lokal, melalui pertunjukan rakyat dengan seni dan budaya masing masing daerah.

“Kita berharap program ini bisa memberikan informasi positif dan tentu bukan hoax kepada masyarakat. Diantaranya seperti program pemerintah yang perlu disosialisasikan, baik melalui pertunjukan rakyat,karungut atau pentas drama seni yang menyampaikan pesan terkait program dimaksud. Sehingga selain bisa mendapat hiburan,masyarakat juga mendapatkan informasi pembangunan atau program yang positif,”kata Bimo Selasa (12/2).

Menurut dia, program tersebut sudah berjalan melalui pertunjukan rakkyat ke beberapa kecamatan, salah satunya Kecamatan Sumber Barito tepatnya di Kelurahan Tumbang Kunyi beberapa waktu lalu. Rencananya, sosialisasi akan terus dilakukan ke beberapa kecamatan lainnya, sehingga pelaksanaan program tersebut bisa efektif menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Mura.

“Program tersebut nanti akan melibatkan seluruh pelaku seni yang ada di tiap kecamatan, dan nanti Diskominfo akan melakukan koordinasi dengan para pelaku seni ini agar event kesenian melalui pertunjukan rakyat yang isinya dikemas dengan berbagai informasi positif yang disampaikan,” tandasnya. (to)