Polres Seruyan Gelar Jalan Sehat di Danau Sembuluh

KUALA PEMBUANG, KaltengEkspres.com -Kepolisian Resor (Polres) Seruyan menggelar acara jalan sehat di Desa Danau Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan. Kegiatan puncak dari Millennial Road Safety Festival yang serentak diselenggarakan diseluruh Indonesia itu dilaksanakan, Minggu (10/2).

“Acara jalan sehat ini adalah acara puncak dari event Millenial Road Safety Festival yang sudah diagendakan, bukan hanya jalan sehat saja, tapi masih ada beberapa kegiatan lainnya yang akan kita selenggarakan dalam waktu yang bersamaaan,” kata Kapolres Seruyan AKBP Ramon Zamora Ginting di Danau Sembuluh.

Adapun kegiatan lain tersebut adalah seperti senam bersama seusai melakukan jalan sehat,lomba ujian praktek SIM yang mana 10 pemenang terbaiknya akan dibuatkan SIM secara gratis, serta pembagian doorprize yang hadiah utamanya adalah satu buah unit sepeda motor dan hadiah menarik lainnya.

Ia mengatakan, event yang diselenggarakan ini merupakan wujud aksi untuk kampanye keselamatan dalam berlalu lintas yang berpedoman pada peraturan berlaku.

“Karena korban laka lantas yang tercatat diseluruh Indonesia ini sudah sangat memprihatinkan, tercatat sudah 171.536 jumlah korban laka lantas yang ada seluruh wilayah Indonesia,” ujarnya.

Dengan rincian, lanjut dia, tercatat sebanyak 29.083 orang meninggal dunia, 13.256 orang menderita luka berat sedangkan 129.095 orang emderita luka ringan.

Sedangkan untuk wilayah Kalteng sendiri jumlah korban laka lantas yang tercatat per 2018 lalu sebanyak 1.438 orang, diantaranya 368 orang meninggal dunia, 120 orang luka berat, dan 905 orang luka ringan.

“Karena itulah generasi millennial ini menjadi perhatian khusus dalam target keselamatan berlalu lintas, karena memang tercatat 57% korban laka lantas yang ada diseluruh Indonesia adalah usia produktif yaitu 15-38 tahun, yang kita kenal sebagai generasi millennial,” katanya.

Baca Juga :  Rusak Kebun Kelapa Warga, Pos Sampit BKSDA Kalteng Evakuasi Orangutan di Sungai Bakau

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini mempu menciptakan generasi millennial yang peduli dan patuh dalam berlalu lintas, sehingga dapat menekan angka kecelakaan berlalu lintas. (al)