Pemilik Hewan Peliharaan Wajib Patuhi Perda

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.comAnggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto menegaskan, agar pemilik hewan peliharaan dan herwan ternak mematuhi peraturan daerah (Perda) terkait pengelolaan dan jumlahnya.

“Aturan tentang pemeliharaan hewan ini sudah diatur dalam perda, baik itu jenis dan jumlahnya. Karena itu hendaknya masyarakat mematuhi dan mentaati perda yang ada tersebut,” kata Riduanto, Rabu (27/2).

Menurutnya, pembatasan jumlah ternak yang dipelihara ini terkandung dalam jenis usaha peternakan yang dijalankan. Seperti peternakan corporate atau perusahaan, peternakan masyarakat secara berkelompok baik itu kelompok tani atau koperasi, serta peternakan perseorang. Aturan yang diberlakukan tentu berbeda.

“Kalau hewan yang dipelihara adalah hewan yang memang harus dikandang sesuai aturan itu dikandang. Kalau yang model tidak harus dikandang, misalnya kucing kan biarpun 10 ekor ya tidak perlu dikandang, ,” jelasnya.

Lain hal jika memelihara anjing, lanjut Riduanto, tentunya perlu adanya pengamanan khusus, sebab hewan itu termasuk hewan buas yang biasa menggangu masyarakat. Tidak banyak masyarakat yang mengeluhkan sering diserang hewan itu.

“Kita sering mendenga ada manusia yang diserang oleh hewan anjing, maka dari itu kami meminta kepada masyarakat yang memelihara anjing atau binatang buas lainnya bisa memperhatikan keamanan masyarakat sekitar, jangan sampai nantinya dapat membahayakan lingkungan,” tandasnya. (dr)