DPRD Kobar Dukung Transmigrasi SP Pugar

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar mendukung program pemukiman pemugaran (SP Pugar) yang telah direncanakan di tiga desa, yakni Desa Lalang, Rangda, dan Desa Kondang Kecamatan Arut Selatan (Arsel). Dukungan ini diutarakan langsung oleh Ketua DPRD Kobar Triyanto kepada Kalteng Ekspres.com, Senin (18/2).

Menurut Triyanto, program ini perlu didukung namun harus diimbangi dengan pembinaan kepada masyarakat. Sehingga ke depan, program tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Karena perlu diketahui, program SP Pugar ini menitik beratkan pada pengembangan kawasan dengan membangun sarana prasarana di daerah tersebut, sehingga kita nilai sangat tepat bagi Kobar,”katanya.

Triyanto menjelaskan, program SP Pugar ini merupakan suatu program untuk meratakan penduduk, apalagi transmigrasi pugar ini tetap melibatkan masyarakat lokal sebanyak 60 persen dan 40 persen dari luar daerah.

“Disinilah harus kehati-hatian saat pemerintah daerah mendatangkan peserta transmigrasi dari luar daerah, dan perlu ada seleksi dimana yang di datangkan, mereka yang memiliki keterampilan. Bukan warga yang pemalas atau tak mempunyai keterampilan,”paparnya.

Disamping itu lanjut dia, trans yang didatangkan dari luar daerah ini juga harus bisa berbaur dengan warga lokal, dengan memegang teguh falsafah dimana bumi di pijak di situ langit dijunjung. Sehingga terbangun sinergi yang baik dan saling menghargai antara kedua transmigrasi Pugar dengan satu tujuan adanya perubahan hidup di lokasi yang baru dihuni. (aro)