Dewan Nilai Masyarakat Sudah Cerdas Tangkal Isu Hoax

PALANGKA RAYA, KaltengEkspres.com – Menjelang pesta demokrasi 17 April 2019 mendatang, Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto, menilai masyarakat Kota Palangka Raya sudah cerdas dalam menyaring (memfilter) penyebaran berita hoax.

“Situasi masyarakat kota Palangka Raya dalam menghadapi Pemilu 2019 ini sangat dewasa, lebih konsekuen, dan lebih mengedepankan objektivitas, karena kota Palangka Raya ini 60 persennya pemilih cerdas,”kata Sigit, Kamis (14/2).

Politisi PDI ini mengharapkan, masyarakat Kota Palangka Raya agar terus menjaga kerukunan seperti dulu. Pasalnya sudah banyak pengalaman dalam menyelenggarakan pesta demokrasi, selalu aman tanpa adanya masalah.

“Saya berharap mudah-mudahan seperti yang dulu, karena kita ini setiap melaksanakan kegiatan apapun tidak pernah terjadi kegaduhan, dengan pengalaman seperti itu saya berharap bisa terus terjaga hingga pesta demokrasi berakhir,”ujarnya.

Selain itu, Sigit juga mengharapkan, masyarakat jeli dalam memilah berita, sebab dalam situasi dan kondisi seperti saat ini banyak sekali media yang menyebarkan berita dengan maksud provokasi atau yang ingin memecah belah kebersamaan dan kerukunan.

“Masyarakat harus bisa menilai apabila ada informasi-informasi yang sekiranya memiliki kriteria untuk memecah belah kebersamaan, harus di antisipasi, terlebih saat ini mudah melalui media sosial,” tandasnya. (dr)