Connect with us

Kobar

Geger..Ular Phyton Nyaris Masuk Rumah Warga

Published

on

Petugaa BKSDA saat mengevakuasi ular phyton berukuran lima meter yang nyaris masuk rumah warga Kamis (14/2).

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Warga Jalan A. Yani KM 5,5 Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kobar, digegerkan dengan penemuan ular phyton besar berukuran sekitar kurang lebih 4 meter dengan berat sekira 30 kilogram (kg). Ular tersebut ditemukan warga saat hendak masuk ke rumah dan warung Juhri Hadinata, Kamis (14/2) sekitar pukul 06.30 WIB.

Ular tersebut pertama kali diketahui pemilik warung Juhri saat sedang memandikan anak pertamanya Azzura (2). Saat itu Juhri melihat di bawah lantai kayu ada yang tampak berkilau warna pelangi, setelah diamati dari dekat ternyata kilauan tersebut sisik ular phyton.

Ketika mengetahui ular ini, Juhri bersama sang anak langsung menyelamatkan diri dan memanggil mertua laki-lakinya. Setelah itu tak lama warga lainnya berdatangan untuk turut melihat ular tersebut.

Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Kepala SKW II BKSDA Kalteng, Agung Widodo. Tak berapa lama petugas BKSDA langsung mendatangi lokasi sekitar pukul 8.30 WIB, untuk mengevakuasi ular tersebut.

“Awalnya kami kaget melihat ada ular dibawah lantai. Bahkan mertua saya sempat hendak mengambil parang untuk membunuhnya. Namun tak jadi karena ketakutan, sehingga akhirnya dihubungi petugas BKSDA. Beruntung petugas tersebut cepat datang, sehingga ular ini lekas dievakuasi,”ungkap Juhri kepada awak media Kamis (14/2).

Sementara itu, Kepala SKW II BKSDA Kalteng Agung Widodo mengatakan, saat ini ular besar tersebut dievakuasi ke kantornya, sebelum dilepasliarkan ke Suaka Margasatwa (SM) Lamandau. “Untuk perkiraan usianya kita kurang tahu, inj ular betina. Ular ini bisa memakan sebesar anak sapi atau kambing dewasa,” ujarnya. (aro)