Tahun Ini, Seluruh Murid Baru SD dan SMP Diberi Seragam Gratis

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), mulai tahun ini akan memberikan seragam gratis bagi seluruh murid baru tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kobar. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Kamis (17/1).

Nurhidayah mengatakan, sejak tahun 2018 lalu seragam gratis ini sudah diberikan. Namun program ini dinilai belum maksimal dan perlu peningkatan.

“Dari hasil evaluasi kami sebelumnya, untuk program seragam gratis 2019 ini akan tingkatkan. Jika tahun lalu penerimanya hanya untuk kategori pelajar dari keluarga kurang mampu. Tahun 2019 ini, semua siswa baru tingkat SD dan SMP akan mendapat bagian,” kata Nurhidayah.

Untuk mewujudkan program ini lanjutnya, Pemkab Kobar telah mengalokasikan penambahan anggaran, sehingga penerimanya jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2018 lalu.

“Ini wujud dari janji kampanye pasangan Nurani, akan kami perjuangkan pemberian seragam gratis ini, selain penambahan jumlah penerima, Pemkab juga akan berusaha memastikan pendistribusian seragam agar dapat terlaksana tepat waktu,”paparnya.

Sementara bentuk seragam yang diberikan itu, ada tiga set yakni berupa seragam merah putih, batik, dan pramuka untuk pelajar SD. Sedangkan SMP yakni seragam putih biru, batik, dan juga pramuka.

“Semua ini kita lakukan dalam upaya meringankan beban orang tua murid. Karena biasanya pada awal tahun ajaran, orang tua anak khususnya yang tidak mampu kesulitan dalam mencari biaya bagi memasukan anaknya,” tandasnya.(aro)