Pemkab Kobar Tetapkan SPBU Subsidi Nelayan di Keraya

PANGKALAN BUN, KaltengEkspres.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) sepakat memindahkan SPBU subsidi nelayan di Desa Keraya Kecamatan Kumai.

Kesepakatan pemindahan ditetapkan saat diadakannya dialog antara Bupati Kobar Hj Nurhidayah dan Wakil Bupati Ahmadi Riansyah, dengan 150 nelayan Desa Kubu di Kantor Bupati Kobar, Senin (28/1/2019).

“Intinya BBM ini tidak ada kekurangan bahkan berlebihan koutanya ditetapkan oleh pemerintah. Yang dikeluhkan nelayan dan merasa tidak puas ini dari sisi pengelolaan SPBU nya. Karena itu SPBU itu sendiri nanti kita berikan pengawasan yang langsung dipimpin oleh wakil bupati,” ungkap Bupati Kobar Hj Nurhidayah seusai dialog dengan nelayan.

Menurut bupati, dari hasil dialog dengan nelayan, mereka menuntut agar BBM subsidi bisa diperoleh di Desa Kubu. Karena selama ini mereka terpaksa membeli BBM bersubsidi di Desa Keraya. Sementara yang di SPBU Kubu sering kosong.

“Sebenarnya ada dua alternatif baru yang kita tawarkan tadi. Yakni SPBU di Desa Keraya dan di TPI Kumai. Namun dari hasil kesepakatan mereka memilih di Desa Keraya. Saya sudah berkomunikasi dengan pihak Pertamina, karena pemkab tidak memiliki kewenangan ini. Lantaran hanya sebagai yang memfasilitasi saja,” ujarnya.

Semetara yang mempunyai hak dan aturan lanjut Nurhidayah, Pertamina itu sendiri, sekali lagi pemerintah hanya memfasilitasi saja.

“Karena itu kita suda berkomunikasi dengan pimpinan Pertamina untuk memindahkan subsidi ini di Keraya dan Alhamdulillah pimpinan Pertamina menyetujui. Karena itu kita beri waktu Pertamina memproses pemindahan BBM bersubsidi ini ke Desa Keraya,” tandasnya. (aro)