Lima Rumah Warga Kapuas Hangus Terbakar

KUALA KAPUAS, KaltengEkpres.com – Warga Jalan Melati, Kabupaten Kapuas digegerkan dengan kebakaran yang menghanguskan lima buah rumah, milik Nurhasana (42), Hasrul San (60), yamin (76), Hatono (43) dan Sainal Abidin, Sabtu (19/1/2019) sekitar pukul 07.30 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun pemilik rumah kehilangan tempat tinggal karena semua bangunan rata dengan tanah. Kerugian akibat kejadian ini ditaksir mencapai miliran rupiah.

Informasi yang dihimpun Kalteng Ekspres.com di lapangan menyebutkan, sumber api berawal dari sebuah bengkel tambal ban milik Wardi. Saat itu ia sedang mengisikan bahan bakar minyak (BBM) ke sepeda motor, namun tak lama BBM menetes mengenai api yang ada di alat tambal. Seketika itu juga api membesar merembet ke bangunan bengkel sekaligus kios BBM miliknya yang terbuat dari kayu tersebut.

“Jadi saat mengisi BBM ke sepeda motor itu, minyaknya menetes dan mengenailah alat tambal ban yang sedang ada apinya bercampur spritus. Seketika itu api langsung menyambar kios BBM nya,”kata Kapolsek Selat AKP Johari Fitri Casdy, Sabtu (19/1/2019).

Menurut Johari, saat itu api yang membesar sempat berupaya dipadamkan pemilik bengkel, namun upaya ini tidak membuahkan hasil karena semakin membesar dan menyebar ke bagian samping bengkel yang merupakan rumah berbentuk ruko dan beberapa rumah warga lainnya.

“Sempat dipadamkan oleh pemilik bengkel, bukannya padam malah semakin membesar dan merambat api ke rumah yang ada disampingnya dan ruko milik kelima korban lainnya,” tegasnya lagi.

Warga yang melihat kejadian langsung berusaha memadamkan api dan menghubungi petugas pemadam kebakaran yang langsung datang kelokasi untuk memadamkan api yang sudah menghanguskan lima unit rumah.

Baca Juga :  Laka Maut Lahei Renggut Tiga Nyawa

Api berhasil dipadamkan setelah tim pemadam kebakaran dari relawan dan pemadam kebakaran (Damkar) Kapuas datang kelokasi dengan mengerahkan beberapa unit mobil Damkar. (ab)